Social Icons

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

Featured Posts

Selasa, 11 November 2014

Teknik Pemesinan

Assalamualaikum wr. wb.
Perkenalkan nama saya Lancar Swasono Edy. Saya sedang menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Purworejo tingkat 3. Jurusan yang saya dalami adalah teknik pemesinan industri. Karena saya lebih menyukai hal hal baru. Pelajaran teknik pemesinan cukup banyak. Salah satunya pelajaran CNC.

Mesin CNC Milling
CNC merupakan sistem otomatisasi Mesin Perkakas yang dioperasikan oleh perintah yang diprogram secara abstrak dan disimpan di media penyimpanan, hal ini berlawanan dengan kebiasaan sebelumnya dimana mesin perkakas biasanya dikontrol dengan putaran tangan atau otomatisasi sederhana menggunakan cam. Kata NC sendiri adalah singkatan dalam bahasa inggris dari kata Numerical Control yang artinya Kontrol Numerik. Mesin NC pertama diciptakan pertama kali pada tahun 40-an dan 50-an, dengan memodifikasi Mesin perkakas biasa.
Dalam hal ini Mesin perkakas biasa ditambah dengan motor yang akan menggerakkan pengontrol mengikuti titik-titik yang dimasukkan kedalam sistem oleh perekam kertas. Mesin perpaduan antara servo motor dan mekanis ini segera digantikan dengan sinstem analog dan kemudian komputer digital, menciptakan mesin perkakas modern yang disebut mesin CNC (Computer Numberical Control) yang dikemudian hari telah merevolusiproses desain. Saat ini mesin CNC mempunyai hubungan yang sangat erat dengan program CAD. Mesin-mesin CNC dibangun untuk menjawab tantangan di dunia manufaktur modern. Dengan mesin CNC, ketelitian suatu produk dapat dijamin hingga 1/100 mm lebih, pengerjaan produk massal dengan hasil yang sama persis dan waktu permesinan yang cepat.
NC/CNC terdiri dari beberapa bagian utama:
  1. Program
  2. Control Unit/Processor
  3. Motor listrik servo untuk menggerakkan kontrol pahat
  4. Motor listrik untuk menggerakkan/memutar pahat
  5. Pahat
  6. Dudukan dan pemegang
Prinsip kerja NC/CNC secara sederhana dapat diuraikan sebagai berikut:
  1. Programer membuat program CNC sesuai produk yang akan dibuat dengan cara pengetikan langsung pada mesin CNC maupun dibuat pada komputer dengan software pemprogaman CNC.
  2. Program CNC tersebut, lebih dikenal sebagai G-code, seterusnya dikirim dan dieksekusi oleh prosesor pada mesin CNC menghasilkan pengaturan motor servo pada mesin untuk menggerakkan perkakas yang bergerak melakukan proses permesinan hingga menghasilkan produk sesuai program.


Gambar Mesin CNC:

CNC Milling
CNC Milling
CNC Turning
CNC Turning
Berikut video proses pembelajaran mesin CNC: 


Sebelum menggunakan mesin CNC atau pengoperasian secara otomatis, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu mesin konvensionalnya atau manual. Karena skill SDM akan terbentuk lebih kreatif jika dimulai dari proses awal atau dasar.
Berikut foto pekerjaan mesin secara konvensional:
Pengoperasian Mesin Bubut Konvensional

Praktek Mengikir 



Ruang Ganti
Seorang teknisi yang hebat adalah teknisi yang menhargai pekerjaannya sendiri. Aktif, kreatif, dan kompetitif adalah kata-kata motivasi yang membuat kita bersemangat untuk melakukan suatu kegiatan pembelajaran di bengkel atau dimanapun kita berada. Sebagai anak pemesinan saya bangga bisa berada di tempat ini, di jurusan ini. Karena disini kita tak hanya diberi pendidikan produktif tentang kerja, tetapi juga diberi pendidikan tentang sikap dan kesopanan. Ada pepatah mengatakan "Percumah cerdas jika sikap tak punya". Untuk menjadi SDM yang hebat kita tak hanya harus pintar tapi juga harus mempunyai sikap yang baik.
Sekian tengtang teknik pemesinan yang saya. Mungkin dilain kesempatan kita bisa saling sharing lagi. Semoga apa yang saya sharing bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam Teknisi !
Wassalamu'alaikum wr. wb.








0 komentar:

Posting Komentar