Social Icons

Featured Posts

Selasa, 23 September 2014

Jalur Pendakian Gunung Merapi

Gunung Merapi termasuk gunung yang aktif yang berada di provinsi Jawa Tengah. Jalur pendakian Merapi sekarang yang populer atau sering dilalui pada pendaki lewat jalur Selo, Boyolali. Dulu pernah ada jalur lewat Kaliurang. Jogjakarta, tetapi sekarang sudah tidak bisa lagi dilewati karena bekas erupsi Merapi tahun 2010 yang menyebabkan jalur rusak.
Desa Selo, Boyolali berada di ketinggian sekitar 1.560mdpl. Untuk sampai kesana bisa melalui arah dari Boyolali atau arah dari Magelang. Jika dari terminal Magelang bisa naik bis ke arah Jogja dengan tarif Rp 5.000/org turun di desa Blabak. Dari Blabak bisa naik mobil sayur sampai Cepogo/Selo. Jika ingin naik mobil sayur harus mengetahui jam jamnya pasar, karena sebagian besar penduduknya berkebun. Sampai di Selo dipertigaan Joglo belok kiri. Jalan sekitar 15 menit sampai basecamp Barameru (basecamp gn. Merapi) registrasi Rp 5000/org.
Setelah registrasi kitabisa langsung mulai mendaki keatas. Nanti kita menjumpai HOLLYWOOD nya Selo yaitu tulisan NEW SELO. tempat itu biasa dibuat anak anak nongkrong.
Di gunung merapi masih sangat alami. Banyak hewan yang saya temui di gunung merapi, seperti tupai, elang jawa dll. Saya biasa nge camp di bawah watu gajah karena dari situ kita bisa melihat pemandangan kota Solo yang indah pada malam hari. Sebelum mendaki alangkah baiknya kita menanyakan dulu status merapi terkini bagaimana. Jika sedang aktif dan berbahaya kita hanya diperbolehkan sampai pasar bubrah. Jika aktif normal dan cuaca mendukung kita bisa diperbolehkan sampai puncak kawah (Kandang geni). Dulunya puncak tertinggi merapi yaitu puncak garuda. Sekarang puncak garuda sudah hilang atau runtuh akibat erupsi merapi. bebatuan menuju puncak merapi sangat rapuh. Kita harus ekstra hati hati. Debunya juga berbahaya. Alangkah baiknya kiita membawa masker dan kacamata.Merapi memiliki tinggi 2965mdpl. Perjalanan menuju puncak merapi harus melewati pasir. Jika kita melangkah naik kita akan terperosok. Perlu tenaga ekstra. Alangkah baiknya jika kita memakai sepatu untuk melindungi kaki kita agar tidak lecet.